Berita Kampus Olahraga

Unpad Raih Juara di Redfox National Championship XVII

Tim putra dan putri Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Baseball dan Softball (UBSU) Universitas Padjadjaran berhasil menyanding gelar  Juara I di ajang Redfox National Championship XVII di Lapangan Softball Lodaya Bandung, 6-18 Januari lalu.

Pada kejuaraan tersebut, tim putra Unpad berhasil mengalahkan tim Universitas Islam Bandung dengan skor 7-1. Sementara tim putri Unpad berhasil mengalahkan tim Universitas Pendidikan Indonesia dengan skor 13-7.

Selain meraih piala bergilir dan piala tetap, anggota tim Unpad juga ada yang berhasil meraih penghargaan individu. Julian Setia Alyana dari tim putra dan Letia Nurviola dari tim putri berhasil meraih penghargaan “The Most RBI”.

Bahkan tidak hanya satu penghargaan, Letia berhasil meraih penghargaan MVP putri. Penghargaan lainnya diberikan kepada Talitha Nessie yang meraih penghargaan The Best Slugger.

Adapun anggota tim putra yang berlaga pada kejuaraan antar perguruan tinggi tingkat nasional tersebut antara lain, Muhammad Ilham Akbar Diviansyah (FEB), Dyastra Lazuardi Sundara (FEB), Andika Amin Pamungkas (FEB), Ervanda Fairuz Munajat (FH), Muhammad Naufal Rahman (Fikom), Fauzan Azhar (Fikom), dan Julian Setia Alyana (Fikom).

Selanjutnya, Dias Dwinanda T (Fikom), A. Ronaldo Oktaviandra (Fikom), Lutfi Budiman (Fikom), Rifqo Kavin Viali (FISIP), M. Titan (FISIP), Rafdhan Diaz Zahrandika (FK), Aditya Hakim (FK), Aditya Nugraha (FK), Delvian Ikhsan (FMIPA), Fakhri Aminnudin (FMIPA), Agris Rakha (FMIPA) dan Muhammad Izzi Kusfawzan (FTIP).

Sedangkan tim putri terdiri dari Dahlia Florencia M (Faperta), Letia Nurviola (FEB), Diva Zahra Arifiyani P (FH), Chantique Milenisaa (FH), Talitha Nessie (FIB), Putri Oktaviani Tahira (FIB), Sherlyta Bintang K (Fikom), Azalia Shalsabila A (Fikom), Aisyah Janna Ramira (Fikom), Talitha Neysa (FISIP), Dinda Zahrotul F (FISIP), Nadhira Danastri (FISIP), Raden Lula Fadhilah (FISIP), Adhika Ramadhanti (FISIP), Maharani Wisea Vidya (FK), Salma Fauziandini (FTG), dan Khifa Bayu Praditha (FTIP).

Muhammad Naufal Rahman selaku kapten tim putra menjelaskan bahwa persiapan untuk mengikuti kejuaraan ini terbilang sebentar. Ini disebabkan, kesibukan setiap personel yang berasal dari berbagai fakultas kesulitan untuk mengatur jadwal latihan bersama.

Berbekal tekad dan semangat untuk memenangkan kejuaraan bergengsi ini, tim Unpad sepakat mengadakan latihan secara intensif baik secara personal maupun kelompok.

“Persiapan kami matangkan hanya dalam waktu dua minggu dengan berlatih di lapangan merah Unpad,” ujarnya saat ditemui Kantor Komunikasi Publik Unpad, Selasa (20/1).

Walaupun hal tersebut terjadi pula pada tim putri, Talitha Nessie selaku kapten tim putri menjelaskan, untuk mempererat anggota tim dan untuk menjalin kekompakan, tim tidak hanya berlatih bersama di lapangan. Kekompakan dikuatkan hingga di luar lapangan.

“Kami sering mengadakan acara kumpul bareng anggota tim di luar lapangan, walaupun hanya sekadar makan bersama. Tujuannya untuk mempererat anggota tim juga,” lanjut Talitha.

Salah seorang anggota tim putra, Diaz mengatakan bahwa kemenangan tim Unpad ini awalnya tidak disangka. Apalagi sebelumnya baik tim putra maupun tim putri sempat kalah di babak semifinal. Karena ada pertandingan rematch, tim putra dan putri Unpad akhirnya berhasil masuk final dan menjadi juara hingga menciptakan “Double Champions”.

“Kekalahan sebelumnya memang sempat terpukul. Tapi karena kami masih memiliki kesempatan masuk ke final untuk pertandingan berikutnya, kami  bertekad untuk berupaya lebih keras lagi untuk bisa masuk final. Alhamdulillah, akhirnya bisa masuk final dan jadi juara,” tutur Diaz.

Selain hasil dari kerja keras seluruh anggota tim, kemenangan tim Unpad ini pun didukung penuh oleh FMIPA Unpad selaku fakultas pembina UKM UBSU ini. Manajer Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FMIPA Unpad, Dr. Mohamad Nurzaman, drs., M.Si., yang turut hadir pada sesi wawancara tersebut menjelaskan bahwa pihaknya mengawal tim ini dari mulai dari persiapan hingga akhir pertandingan.

“Sejak awal kami selalu berdiskusi dengan para pengurus, dan memastikan seluruh persyaratan untuk keperluan administrasi dapat berjalan lancar,” ujar Dr. Nurzaman.

Dengan kemenangan tim ini, UKM UBSU berharap dapat mempertahankan predikat Juara I ini pada tahun-tahun berikutnya dan pada kejuaraan lainnya. Untuk itu, baik dari latihan rutin, penguasaan teknik dan kaderisasi anggota tim senantiasa dilaksanakan dengan para anggota barunya.(Humas Unpad/Marlia/K-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *