Teknologi

Tim Debat NUDC Unand Tembus Open Quarter Final Nasional

Kampusiana-Universitas Andalas kembali mewakili Kopertis X dalam ajang National University Debating Championship (NUDC) tingkat Nasional yang dilaksanakan secara daring, via Zoom Meeting pada 24-29 September 2020.

Mahasiswa terpilih yang mewakili Universitas Andalas tahun ini berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Faraytodi Gibran (Hubungan Internasional, 2018) dan Nugel Dwiputra Pangarso (Ilmu Politik, 2019) sebagai debater dan Windy Luthfiah Hamidi (Ilmu Komunikasi, 2019) sebagai N1 adjudicator berkompetisi dengan 112 tim dari seluruh Universitas Negeri di Indonesia.

Tak lagi terdaftar sebagai peserta pada kategori Novice (Pemula), Tahun ini tim debat Universitas Andalas menjadi salah satu peserta pada kategori Maindraw (Kategori Utama) Alasannya, karena tahun lalu 2019 Universitas Andalas yang diwakili oleh Faraytodi Gibran dan Ongky Andriawan berhasil menoreh prestasi sebagai pembicara terbaik dan membawa pulang medali perak dan perunggu untuk kategori pembicara terbaik Novice.

Selain itu, Nugel Dwiputra Pangarso juga mendapat gelar sebagai pembicara terbaik ke-7 kategori Novice pada kompetisi Indonesian Varsity English Debate ( IVED ), open debate di Universitas Atma Jaya, Jakarta.

Kedua delegasi memperlihatkan track record perdebatan yang cukup gemilang sehingga dinilai sudah tidak dapat dikategorikan sebagai ketegori Novice pada NUDC tahun ini. Meskipun demikian, delegasi Universitas Andalas yang berasal dari angkatan “Muda” ini tetap menunjukan optimisme yang besar untuk berprestasi.

Setelah melalui 6 babak pra-penyisihan pada 25-27 September, delegasi NUDC Universitas Andalas kembali dinyatakan lolos ke babak Octofinal (32 Besar) pada kategori utama (maindraw) sama dengan beberapa tahun sebelumnya.

Tahun ini, Universitas Andalas menduduki posisi tim terbaik ke-18 dengan poin kemenangan sebanyak 12 poin dengan total poin pembicara sebesar 922 dari 112 tim yang berkompetisi. 32 tim terpilih kembali bertading memperebutkan posisi pada babak Quarter Final.

Hari ini, untuk pertama kalinya Universitas Andalas lolos ke babak Quarter Final (16 besar) maindraw category setelah berhasil mengalahkan Universitas Mataram dan Universitas Negeri Jakarta pada babak Octofinal.

Pada babak 32 besar, Universitas Andalas berhasil mengimbangi Universitas Gajah Mada (UGM) dalam ruangan perdebatan (chamber) dan lolos ke babak Quarter. Universitas Andalas menjadi satu-satunya delegasi Regional X yang berhasil masuk ke babak Quarter Final pada kategori Maindraw.

Ketujuh universitas lainnya yang juga ikut mewakili kopertis X yaitu Universitas Riau, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Politeknik Negeri Padang, Politeknik Negeri Batam, Universitas Internasional Batam, Universitas Islam Riau, dan Universitas Universal.

Perjalanan Universitas Andalas di NUDC 2020 terhenti dengan mengesankan pada babak Quarter Final berhadapan dengan Universitas Gajah Mada, Universitas Parahyangan, dan Institute Pertanian Bogor.

Tahun ini Universitas Andalas mengukir prestasi gemilang sebagai satu-satunya delegasi Kopertis X yang berhasil menorehkan prestasi sebagai Quarter Finalist (16 besar). (K-01/Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *