Info Pendaftaran

LTMPT Resmi Luncurkan SNMPTN & UTBK-SBMPTN 2021

KAMPUSIANA-Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah resmi meluncurkan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) Tahun 2021.

Peluncuran dilakukan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi RI Prof. Nizam secara daring, Senin (4/1).

“Mudah-mudahan kita semua dimudahkan penyelenggaraan seleksi masuk perguruan tinggi tersebut,” harap Prof. Nizam.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Nizam mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk beradaptasi pada situasi pandemi Covid-19. Dikatakan Prof. Nizam, saat ini adaptasi terhadap situasi pandemi sudah dilakukan sejak awal pelaksanaan seleksi.

“Dalam persiapan untuk penerimaan mahasiswa baru di tahun 2021 tentu praktik-praktik yang sudah kita lakukan di tahun lalu perlu kita pertahankan dan bahkan kita tingkatkan, dan perbaikan-perbaikan yang kita perlukan bisa kita siapkan dari sekarang,” ujarnya.

Sementara itu Ketua LTMPT Prof. Mohammad Nasih menegaskan bahwa pendaftar perlu memperhatikan setiap informasi terkait sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri 2021. Berbagai informasi tersebut dapat diakses di https://ltmpt.ac.id/.

Secara singkat, pendaftraan SNMPTN dimulai pada 15 – 24 Februari . Pengisian Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sudah dimulai sejak 11 Januari hingga 8 Februari. Sementara pengumuman SNMPTN akan dilakukan pada 22 Maret 2021

Tahapan registrasi akun LTMPT sendiri untuk UTBK-SBMPTN dibuka sejak 7 Februari hingga 12 Maret. Pendaftaran UTBK-SBMPTN dapat dilakukan pada 15 Maret – 1 April.

Pelaksanaan UTBK dijadwalkan digelar selama dua gelombang, yaitu gelombang 1 pada 12-18 April, serta elombang 2 pada 26 April hingga 2 Mei. Pengumuman SBMPTN sendiri akan dilakukan pada 14 Juni 2021.

“Karena posisinya sekarang kita sedang dalam posisi pandemi seperti sekarang ini tentu kita berharap semua akan bisa kita lakukan secara online, termasuk berbagai macam pelayanan dan pelayanan informasi juga akan dilakukan secara online,” ujarnya.

Selain website, informasi resmi mengenai LTMPT juga dapat dilihat di berbagai akun sosial media resmi LTMPT atau dapat menghubungi call center 0804 1 450 450.

Ditegaskan Prof. Nasih, pendaftaran diharapkan dilakukan dengan tertib sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Ia berharap, kerja sama dapat dilakukan oleh semua pihak agar proses seleksi dapat berjalan dengan lancar.

“Ini untuk kepentingan bangsa dan negara, untuk kepentingan perguruan tinggi, dan juga untuk kepentingan para siswa dan juga sekolah sehingga kerja sama diantara kita semuanya mejadi sangat penting untuk kita lakukan,” tuturnya.(K-01/Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *