Olahraga

Kontingen Mahasiswa UII Berjaya di PIMNAS 33

KAMPUSIANA-Pada gelaran Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 33 Tahun 2020, Kontingen Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil meraih prestasi yang membanggakan dengan merebut 1 (satu) Medali Emas Poster dan 2 (dua) Penghargaan Favorit. Dengan capaian ini UII menempati peringkat 1 untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan urutan 18 secara keseluruhan (PTN dan PTS).

Prestasi ini menguatkan capaian sebelumnya yaitu UII sebagai PTS dengan jumlah Tim PKM paling banyak dalam PIMNAS 33 Tahun 2020 ini, dengan mengirimkan total 19 (Sembilan belas) Tim PKM. PIMNAS sebagai tahap final di kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan ajang yang sangat bergengsi bagi seluruh perguruan tinggi karena mencerminkan kualitas mahasiswa dan inovasi perguruan tinggi. Meskipun gelaran tahun ini dilaksanakan secara daring namun tetap diikuti banyak peserta. Tahun ini total diikuti oleh 625 tim dari seluruh Indonesia baik dari PTN maupun PTS.

Medali Emas Poster diraih oleh Tim PKM Penerapan Teknologi (PKM-T) yang diketuai oleh Ilham Frandinata Maizir (Teknik Industri FTI, Angkatan 2017) dengan karya inovasi berjudul “Inovasi Alat Penanam Padi Eco-Friendly dengan Teknologi Smart Farming Sebagai Solusi Mengurangi Risiko Musculoskeletal Disorders Pada Kampung Minapadi”. Tim ini dibimbing oleh Abdullah ‘Azzam, S.T., M.T., dosen Teknik Industri FTI.

Kemudian, capaian Penghargaan Favorit di skema PKM Penelitian Eksakta (PKM-PE) diraih oleh tim mahasiswa dan dosen dari Prodi Kimia FMIPA. Tim pertama diketuai oleh Muhammad Sarkawai (Kimia FMIPA, Angkatan 2017) dengan dosen pembimbing Rudy Syah Putra, S.Si., M.Si., Ph.D. yang mengangkat inovasi bidang penelitian berjudul “Remediasi DOC (Dissolve Organic Carbon) Pada Lahan Gambut yang Terbakar dengan Metode Electroflotation dan Biocoagulation”. Tim kedua yaitu dengan judul “Hybrid Biochar Berbasis Kulit Singkong (Manihot esculenta) untuk Penanganan Limbah Batik Indonesia” dengan Ketua Tim yaitu Rana Fretyana Ekaputri (Kimia, Angkatan 2017) dan dibimbing oleh Argo Khoirul Anas, S.Si., M.Sc.

Beni Suranto, S.T., M.SoftEng. selaku Direktur Pembinaan Kemahasiswaan (DPK) UII menyampaikan bahwa capaian prestasi di PIMNAS 33 Tahun 2020 merupakan capaian yang membanggakan dan patut disyukuri karena merupakann peningkatan signifikan dari Raihan di PIMNAS 32 tahun lalu yaitu kontingen UII hanya meraih 1 (satu) Penghargaan Favorit. Peningkatan capaian prestasi ini diharapkan mampu menjadi motivasi dan inspirasi bagi UII, khususnya mahasiswa, untuk menguatkan rekognisi institusi dalam bidang kemahasiswaan. Hal ini penting mengingat capaian di PIMNAS merupakan salah satu indikator utama dalam pemeringkatan bidang kemahasiswaan Perguruan Tinggi oleh Kemdikbud DIKTI.

Sementara Arif Fajar Wibisono, S.E., M.Sc. selaku Kepala Divisi Pembinaan Prestasi DPK sekaligus Koordinator PKM CORNER UII menjelaskan bahwa capaian di PIMNAS merupakan hasil kerja bersama, sinergi yang kuat antara DPK UII, Tim PKM CORNER, Tim PKM bersama Dosen Pembimbing, dan juga dukungan Bidang Kemahasiswaan di tingkat Fakultas. Beberapa aktivitas utama yang dilakukan yaitu sosialisasi dan strategi penyusunan proposal, PKM Camp untuk pendampingan penyusunan proposal, pelatihan pembuatan video dan laporan, pendampingan dan review poster, simulasi MONEV, dan pendampingan intensif untuk persiapan PIMNAS. Ke depan, berbagai program dan aktivitas terkait PKM akan terus dikembangkan untuk terus meningkatkan capaian di PIMNAS yang akan datang. (K-01/Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *