Berita Kampus

KKN Mahasiswa Ilkom UMBandung Jadi Sarana Sebarkan Edukasi Seputar Covid-19

KAMPUSIANA-BANDUNG

Melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada masa pandemi Covid-19 merupakan tantangan besar bagi mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung). Sebabnya banyak mobilitas dan gerak masyarakat yang dibatasi.

Tim KKN mahasiswa ilkom yang terdiri atas Andi Sappo, Thorik Hibatulloh, Veronika Darmawan, dan Zulfa Azizah ini melaksanakan pengabdian kepada masyarakat bertempat di Kelurahan Kebon Jayanti, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung, selama Februari-Maret 2021.

Kelurahan Kebon Jayanti berada pada zona kuning pemetaan kasus Covid-19 di Kota Bandung. Itu sebabnya, kelurahan ini dipilih karena cukup aman sebagai lokasi kegiatan mahasiswa.

Mengusung tema mengenai informasi dan protokol kesehatan seputar Covid-19, mahasiswa ilkom UMBandung ini memfokuskan diri dengan kegiatan mengedukasi warga Kebon Jayanti mengenai cara menjaga kesehatan selama pandemik.

”Program kerja yang dilaksanakan di antaranya woro-woro, yakni kegiatan penyuluhan langsung kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga dan mematuhi protokol kesehatan. Kemudian di samping itu juga ikut menegur dan menindak oknum masyarakat yang melanggar,” kata Andi Sappo.

Andi menegaskan, perancangan program KKN mahasiswa ilkom UMBandung dilakukan secara berkala dengan dibantu aparatur Kelurahan Kebon Jayanti, kepolisian, dan babinsa. Hal tersebut diupayakan secara maksimal agar hasil yang sudah direncanakan bisa tercapai dengan baik.

”Program kerja lainnya yang dilakukan mahasiswa yakni mengajarkan penggunaan alat tes kesehatan seperti thermogun dan steril box. Hal ini penting dilakukan agar masyarakat bisa menggunakan alat-alat kesehatan secara mandiri,” ujar Andi.

Selain program kerja berkelompok, Tim KKN mahasiswa ilkom UMBandung yang dibimbing langsung oleh dosen Ulfa Yuniati, S.Ikom., ini juga melaksanakan kegiatan secara mandiri.

Misalnya, membuat video dan poster-poster edukasi seputar Covid-19, hingga membagi-bagikan masker secara gratis bagi warga sekitar.

Sementara itu, Sekertaris Kelurahan Kebon Jayanti, Suryati Nur, mengapresiasi dan berterima kasih atas kegiatan KKN mahasiswa ilkom UMBandung ini.

Keikutsertaan mahasiswa yang gencar menyosialisasikan pentingnya menjaga protokel kesehatan, menurut Suryati, bisa ikut memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

”Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa yang sudah meluangkan waktunya untuk mengadakan program kerja di sini. Kami sangat berterima kasih atas keaktifan mahasiswa. Kami harap ke depannya masih ada kerja sama untuk adik-adik UMBandung agar bisa melaksanakan KKN lagi di sini,” ujar Suryati.

Selama pandemi Covid-19 ini, para mahasiswa berharap program kerja yang sudah mereka rancang dan dilaksanakan bisa terus diterapkan oleh semua pihak. (K-01/Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *