Berita Kampus Tips Kuliah

Cara Mencari Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi

Salah satu pertanyaan yang sering masuk ke ayokuliah diantaranya adalah meminta akreditasi perguruan tinggi dan akreditasi program studi. Akreditasi tersebut digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya misalnya untuk syarat mendaftar CPNS.

Akreditasi sendiri ada dua, yakni akreditasi Perguruan Tinggi dan akreditasi program studi. Kedua jenis akreditasi tersebut dikeluarkan oleh Lembaga akreditasi yang berwenang di Indonesia, yakni BAN-PT yang merupakan singkatan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Apa Itu Akreditasi?

Akreditasi merupakan sebuah bentuk pengakuan mutu dan bersifat formal/resmi dari pihak yang berwenang di suatu negara (pemerintah) kepada sebuah institusi (perguruan tinggi, sekolah, baik negeri maupun swasta). Akreditasi tidak bisa sembarangan diberikan. Ada alur dan proses yang panjang bagi sebuah institusi agar bisa lolos akreditasi dari Lembaga berwenang. Umumnya akreditasi dibagi ke dalam 3 grade, yaitu Akreditasi A, akreditasi B, dan akreditasi C, atau tidak terakreditasi sama sekali.

Sebagai individu yang selalu ingin mencari yang terbaik, maka pilihlah institusi dengan akreditasi A. Akreditasi B sudah lumayan, dan akreditasi C adalah yang cukup saja, sementara yang belum terakreditasi memang patut dicari tahu lebih lagi mengenai kampusnya.

Apa saja yang menjadi bahan penilaian dalam akreditasi?

Akreditasi menjadi acuan bagi sebagian besar masyarakat dalam memilih perguruan tinggi lantaran beberapa hal. Tapi yang pasti akreditasi bisa dibilang menunjukkan seberapa bagus sebuah institusi. Ini lantaran komponen-komponen yang menjadi bahan penilaian dalam akreditasi lumayan lengkap, seperti:

  1. Kurikulum dari setiap program pendidikan
  2. Jumlah dosen/tenaga pendidik.
  3. Keadaan mahasiswa/murid
  4. Koordinasi pelaksanaan pendidikan
  5. Sarana dan prasarana pendidikan.
  6. Kesiapan administrasi akademik, kepegawaian, keuangan, dan rumah tangga dari sekolah/perguruan tinggi.

Semakin besar nilai yang diberikan, maka semakin bagus pula grade akreditasi suatu institusi. Maka dari itu, dengan melihat akreditasi terkadang kita langsung bisa menyimpulkan bahwa program studi ini bagus, perguruan tinggi ini kurang bagus, dsb.

Apa Kegunaan Akreditasi?

Ketika kamu sudah lulus dan ada keperluan mendaftar kerja ke Lembaga pemerintahan, seperti mendaftar CPNS, biasanya dibutuhkan dokumen yang menerangkan tentang akreditasi Perguruan Tinggi tempat kamu belajar dulu, atau akreditasi program studi tempat kamu dulu mengambil jurusan kuliah.

Sayangnya, tak sedikit yang salah kira dan menghubungi Ayokuliah.id untuk meminta sertifikat akreditasi kampus mereka. Melalui tulisan ini Ayokuliah.id ingin meluruskan bahwa Ayokuliah.id tidak terafiliasi dengan perguruan tinggi manapun, sehingga tidak bisa memenuhi permintaan bantuan terkait kebutuhan akademik.

Bagaimana Cara Memperoleh Dokumen Akreditasi Kampus dan Akreditasi Perguruan Tinggi

Cara untuk memperoleh dokumen yang menerangkan akreditasi Perguruan Tinggi ataupun akreditasi prodi adalah dengan mendatangi/menghubungi kampus yang bersangkutan. Kalau anda kuliah di jurusan Sastra Inggris UGM, maka datangi kantor jurusan sastra Inggris UGM untuk mendapatkan kopian sertifikat akreditasi yang telah dilegalisir.

Meskipun begitu, beberapa kampus sudah melayani permintaan kopian akreditasi kampus dengan cara online agar alumni dari luar daerah tak perlu datang ke kampus. Sekali lagi tidak semua, hanya beberapa kampus saja yang menyediakan fasilitas tersebut, misalnya saja Universitas Gadjah Mada, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Ada lagi cara lain untuk membuktikan akreditasi Perguruan Tinggi atau akreditasi prodi, yakni berupa tangkapan layar (screenshot) dari situs BAN-PT yang memuat informasi akreditasi Perguruan Tinggi dan akreditasi program studi yang menerbitkan ijazah pelamar.

Sayangnya, cara di atas tidak berlaku di semua institusi, hanya beberapa saja yang membolehkan misalnya Kemenkumhan, Komnas HAM, Mahkamah Agung, dan Bawaslu. Institusi selain itu, harap mencermati peraturan dokumen yang dibolehkan masing-masing institusi.

Bagi kamu yang butuh informasi akreditasi kampus dan akreditasi prodi, memang bisa langsung memeriksanya di situs resmi BAN-PT yang bisa diakses di halaman https://www.banpt.or.id/ .

Kamu bisa langsung menuju https://www.banpt.or.id/direktori/institusi/pencarian_institusi.php untuk mencari akreditasi Institusi (Perguruan Tinggi) atau https://www.banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.php untuk mencari akreditasi program studi tempat dulu kamu menempuh ilmu.

Itu dia beberapa cara mencari tahu akreditasi perguruan tinggi dan akreditasi prodi. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *