Belajar dari Kartini

Siapa yang tidak kenal dengan Kartini? Saya yakin semua orang Indonesia yang sudah bisa membaca pasti tahu siapa Kartini.

Kartini dikenal karena dia menulis sebuah buku yang berjudul ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ sebenarnya itu bukan sebuah buku yang direncanakan Kartini untuk diterbitkan agar dibaca oleh khalayak ramai. Tapi buku ini adalah surat-surat Kartini kepada temannya di Belanda tentang bagaimana keadaan perempuan di Indonesia yang dinomor duakan. Mulai dari pendidikan dan lainnya. Temannya itu tentu bisa membayangkan bagaimana nasib perempuan di Indonesia yang terkungkung budaya patriarki. Dianggap sebagai makhluk yang tidak mempunyai kemampuan dan lemah, perempuan ditempatkan sebagai masyarakat kelas dua setelah laki-laki.

Dari tulisan itu Kartini dikenal sebagai pahlawan (pejuang) emansipasi perempuan. Sampai-sampai hari ini diperingati sebagai Hari Kartini.

Jika dilihat lebih jauh sebelum Kartini ada Laksamana Malahayati sebagai panglima (pemimpin) laut, lalu ada juga Cut Nyakdin yang berjuang melawan Belanda (kolonial), kedua perempuan ini berasal dari Aceh. Lalu yang segenerasi dengan Kartini, perempuan penggerak pendidikan dari tanah Sunda yang bernama Dewi Sartika yang berhasil mendirikan 9 sekolah wanita pertama di Jawa Barat.

Dari 4 tokoh di atas hanya Hari Kartini yang dijadikan sebagai Hari Emansipasi Perempuan. Entah kenapa Kartini yang dijadikan tokoh (hari peringatan). Saya pikir karena Kartini menulis sehingga dikenal di luar negeri dan diperbincangkan.

Socrates filusuf Yunani pernah berkata ‘Menulislah Maka Aku Ada’ dan kata Pram ‘Menulis adalah bekerja untuk keabadian’

Sudah jelas karena Kartini menulis maka dia diabadikan sebagai Hari Emansipasi Perempuan. Dari Kartini kita belajar untuk dikenal maka menulislah.

Bagi mahasiswa yah minimal skripsinya selesai. Karena skripsi yang bagus adalah yang selesai. Heheh

Selamat Hari Kartini. Selamat hari Jumat.

Related Articles

About author View all posts

Waki Ats Tsaqofi

Waki Ats Tsaqofi

Blogger | Layouter | Desainer Grafis |