Kerja Part Time Online Untuk Mahasiswa

Pekerjaan-Freelance

Kerja Part Time adalah pekerjaan paruh waktu, jadi kita hanya bekerja selama beberapa jam saja dalam sehari, bahkan kerjanya hanya 4 – 5x dalam seminggu (bahkan bisa kurang). Kerja Part Time sangat cocok untuk mahasiswa, karena pekerjaan ini bisa dikerjakan di waktu senggang dan bisa dipastikan tidak akan mengganggu pekerjaan utama para mahasiswa yaitu belajar. Namun terkadang kerja part time dinilai terlalu menguras tenaga bagi sebagian mahasiswa, solusinya adalah dengan kerja part time online. Dengan kerja online secara part time, maka bisa dipastikan tidak akan banyak tenaga Anda yang terbuang, karena kerjaan kita hanya duduk di depan komputer / laptop. Pertanyaanya adalah dimana dan bagaimana cara kerja part time online yang benar sampai bisa menghasilkan uang jutaan per bulan ? di artikel ini Anda akan mendapatkan jawabannya, karena disini akan dibahas mengenai 5 Jenis Kerja Part Time online yang cocok dikerjakan oleh Mahasiswa dengan bahasa yang sederhana agar mudah dipahami, meskipun oleh seorang pemula. Kelima jenis kerja part time online yang dimaksud adalah :

  • Publisher
  • Dropshiper
  • Writer
  • Designer
  • Developer

Selanjutnya mari kita bahas satu per satu dari kelima jenis kerja part time online tersebut.

1. Kerja Part Time Online sebagai Publisher

Publisher adalah seorang penerbit iklan. Dan untuk menerbitkan iklan, tentu Anda perlu menyediakan media. Media yang dimaksud disini adalah tempat untuk menerbitkan iklan, seperti misalnya Blog / Website. Jadi jika Anda tertarik bekerja part time online sebagai seorang Publisher, maka Anda perlu membuat blog / website terlebih dahulu. Tidak tahu cara membuatnya ? silahkan baca tutorialnya dibawah ini:

Sampai sini anggap Anda sudah memiliki 1 blog / 1 website. Selanjutnya kita akan melamar kerja sebagai publisher di situs Google Adsense. Cara kerja publisher sebenarnya cukup sederhana, dimaan tugas kita hanyalah memasang iklan dari Google Adsense di Blog. Dan jika ada orang klik iklan tersebut, maka kita akan mendapatkan uang sebesar $0.05 – $5. Sebagai gambaran saja, jika Anda memiliki blog dengan pengunjung 3000 orang per hari, maka penghasilan per bulan yang akan didapat berkisar antara $3 – $5 atau $100 – $150 per bulan, dan ada dua sistem pencairan yang bisa kita gunakan yaitu melalui Western Union dan Wire Transfer.

2. Kerja Part Time Online sebagai Dropshiper

Dropshiper adalah seorang yang menjualkan barang dari supplier (penyetok barang). Jadi kerja kita disini bisa diartikan sebgai makelar, namun bedanya kita menawarkan produk seolah-olah kita lah penjual aslinya (padahal disini kita hanya seorang penjual barang orang). Cara ini dilakukan agar kita bisa menaikkan harga dari supplier, jadi misal supplier mematok harga 1 juta, maka kita bisa menjualnya 1 juta 200 ribu.

Masalah yang sering dihadapi Dropshiper adalah ketika pembeli ingin melihat barangnya langsung, jadi sulit untuk kita menanggapi pemebeli seperti itu, saran jika ada pelanggan yang ingin COD, Anda bisa kordinasi dengan supplier (jika jarak pembeli dan supplier dekat), pasti mereka sudah mengerti apa yang harus dilakukan.

Memulai kerja part time online sebagai Dropshiper juga bukanlah pekerjaan yang mudah, dimana Anda harus jeli dama memilih supplier yang tepat dan benar-benar dituntut untuk pintar dalam hal marketing.

Untuk menjadi dropshiper, tentu Anda harus mempunyai supplier terlebih dahulu, dan situs-situs dibawah ini merupakan contoh situs yang menerima dropship.

Selain itu Anda juga bisa mencari supplier di situs / forum besar seperti kaskus.co.id, ads.id atau bahkan Anda juga bisa mencarinya di media sosial seperti facebook.

3. Kerja Part Time Online sebagai Writer

Menjadi seorang writer / penulis juga merupakan salah satu pekerjaan part time online yang sangat cocok untuk mahasiswa. Karena kerja kita hanyalah menulis artikel dengan tema sesuai pesanan, hal ini tentu bukan pekerjaan yang susah terutama untuk mahasiswa yang pada dasarnya memang sudah terbiasa untuk mengetik.

Untuk menjadi Writer, hal yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah memperkaya kosakata bahasa, jadi semakin banyak kosakata yang Anda kuasai, maka semakin berseni pula artikel yang akan dihasilkan, dan tentunya akan membuat artikel dihargai lebih mahal.

Alternatif lain, Anda juga bisa menjual artikel atau tulisan yang Anda buat melalui situs-situs dibawah ini :

Selain itu cara paling mudah dan cepat adalah menjual artikel melalui Media Sosial, jadi kita tawarkan ke para blogger yang sering aktif di Facebook / Twitter.

4. Kerja Part Time Online sebagai Designer

Satu lagi kerja part time online yang cukup digemari oleh mahasiswa, khususnya mahasiswa jurusan desain. Dengan menjadi seorang designer online kita bisa lebih luas menjual karya kita jadi tidak terbatas pada perusahaan-perusahaan lokal, karena ada ratusan yang akan menerima karya / design Anda. Sebagai contoh Anda membuat design yang berkaitan dengan template Blog, maka Anda bisa menjualnya di :

Dan, jika Anda mahir dalam hal desain video (video editing) situs dibawah ini adalah tempat yang tepat untuk menjualnya :

5. Kerja Part Time Online sebagai Developer

Developer Android adalah salah satu pekerjaan yang memiliki prospek cukup cerah saat ini. Pasalnya jumlah pengguna Android tiap tahunnya selalu mengalami peningkatkan. Sebuah peluang tersendiri untuk Anda yang bisa memanfaatkannya misalnya dengan membuat aplikasi / game Android.

Untuk me-monetize atau menguangkan aplikasi Android yang Anda buat bisa menggunakan layanan periklanan dari Google yang diberi nama AdMob (Adsense Mobile).

Adsense Mobile tidak jauh berbeda dengan Adsense Blog, karena keduanya sama-sama akan membayar Anda untuk setiap klik iklan yang didapat.

Tersedia banyak sekali lowongan kerja part time online di internet yang bisa Anda coba dan jalankan secara gratis tanpa perlu mengeluarkan modal. Hal ini membuktikan bahwa bisnis online gratis tanpa modal itu nyata adanya dan cara mendapatkan uang dari internet itu bukanlah sekedar mitos. Namun, dari sekian banyak Lowongan Kerja Part Time Online yang ada, tentunya Anda tidak perlu mencoba semuanya, cukup pilih satu mana yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda.

Dari berbagai sumber

Related Articles

About author View all posts

admin

admin

Mari berkarya, kirim tulisan ke redaksi@kampusiana.net