7 Ciri ini Menunjukkan Bahwa Emosimu Sudah Stabil dan Siap Menjadi Pribadi yang Lebih Dewasa

emosi

Sebagai mahasiswa, tentunya kita gak mau kalo masih dianggap berpola pikir seperti anak kecil. Meski pola pikir dan cara pandang kita terhadap sesuatu pasti terus menerus berkembang, tetep aja ada beberapa orang yang masih bilang kayak gini ke kamu:

“Duh, lo tuh masih bocah banget sih. Labil deh. Dewasa dikit, dong!”

Tuh kan, meski udah berstatus mahasiswa pasti masih banyak yang emosinya belum stabil dan belum bersikap dewasa. Tenang temen-temen, semuanya pasti bertumbuh ke arah yang lebih baik kok seiring jalannya waktu. Lebih baik sekarang anakui.com kasih tau dulu nih kisi-kisinya ((kayak ujian)) yang menandakan bahwa emosimu sudah stabil dan siap untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa!

Bisa menempatkan diri sesuai situasi dan kondisi; mampu membuat orang di sekelilingmu nyaman dan bahagia

Mereka bisa menempatkan diri sesuai situasi dan kondisi via huffingtonpost

Mereka bisa menempatkan diri sesuai situasi dan kondisi via huffingtonpost

Orang yang dewasa dan emosinya stabil itu bukan berarti mereka yang selalu serius dan mikirin masa depan setiap saat, tapi mereka yang bisa menempatkan diri sesuai situasi dan kondisi. Kalo lagi nongkrong sama temen-temen ya dibikin asyik aja, fun, gak serius baper mikirin kerjaan. Sebaliknya, kalo lagi serius banget, ya gak pake becanda. “Tau tempat tau waktu” lah istilahnya.

Dijamin deh, kalo kamu bisa memosisikan diri kamu seperti ini, dirimu maupun sekelilingmu pasti akan bahagia. Soalnya kamu tau kapan harus serius mikirin kerjaan dan kapan harus refreshing seru-seruan. Sekelilingmu merasa dihargai dan kamu pun akan punya makna lebih bagi mereka. Stress juga pasti berkurang, deh!

Kamu gak berhenti gitu aja di masa lalu, tapi siap untuk bangkit dan menghadapi tantangan menuju masa depan

Siap untuk bangkit dan menghadapi tantangan menuju masa depan via tmshealthsolutions

Siap untuk bangkit dan menghadapi tantangan menuju masa depan via tmshealthsolutions

Siapa sih yang gak punya masa lalu? Setiap orang pasti punya masa lalu, mau itu buruk kek, nyenengin kek, yang namanya masa lalu pasti ya masa lalu. Masa lalu yang buruk ya dijadikan motivasi aja buat kamu biar gak jatuh ke dalam lubang yang sama. Masa lalu yang nyenengin cukup biar kamu senyam-senyum sendiri aja, jangan malah stuck in the past dan pengin balik ke masa lalu mulu; gak maju-maju nanti. Intinya ya jangan berhenti gitu aja di masa lalu, tapi kamu juga harus kuat melihat ke depan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik dan penuh tantangan! Semangat!

Kamu sadar terhadap kelemahan kamu dan mengubahnya menjadi kelebihan kamu

Sadar terhadap kelemahan dan mengubahnya menjadi kelebihan via techinsider

Sadar terhadap kelemahan dan mengubahnya menjadi kelebihan via techinsider

Ini juga nih, semua orang pasti punya kekurangan dan kelebihan. Seorang yang emosinya stabil gak gitu aja nyerah sama kekurangannya dan meratapi hidupnya, tapi tidak menjadikan kekurangan tersebut menjadi penghalang menuju kedewasaan dan kesuksesan. Kekurangan kamu tuh ibarat bintang yang banyak di angkasa, sedangkan kelebihan kamu itu cuma satu kayak matahari. Akan tetapi, ketika matahari itu muncul, semua bintang yang banyak di angkasa itu pasti terkalahkan sinarnya. Jadi, jangan nge-down hanya karena kekuranganmu, ya.

Fokus terhadap apa yang sedang kamu kerjakan, gak gampang terdistrak sama hal yang aneh-aneh

Gak gampang terdistrak sama hal yang aneh-aneh via huffingtonpost

Gak gampang terdistrak sama hal yang aneh-aneh via huffingtonpost

Kalau kamu termasuk dalam orang yang selalu fokus terhadap apa yang kamu lakukan, maka kestabilan emosionalmu tak lagi perlu dipertanyakan. Hal itu yang membentukmu untuk mampu menahan gangguan atau distraksi dari apa yang ada di sekitar. Membuat diri sendiri fokus itu susah banget loh. Makanya kalaukamu udah ngerasa fokus, usahakan stabilkan emosi dan keinginan-keinginan anehmu untuk mengikuti distraksi atau gangguan yang akan menghambat fokus atau tujuan utamamu.

Punya rencana dan ambisi untuk mencapai keinginanmu; gak sekadar wacana

Punya rencana dan ambisi via coe.uga.edu

Punya rencana dan ambisi via coe.uga.edu

Sukses gak bisa dicapai dengan sekali kedipan mata, ia harus melalui proses yang panjang dan perencanaan yang matang. Gak boleh sekadar wacana pengin ini itu, tapi juga harus merencanakan segala hal dengan baik dan menelaah kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi jika hal yang kita rencanakan pada kenyataannya gak sesuai dengan yang kita harapkan. Plan A-Z lah kamu harus punya biar rencana yang kamu udah bikin secara ciamik itu gak sekadar wacana.

No more labil-labil! Mampu menyikapi masalah dengan kepala dingin dan gak gampang tersulut api

Mampu menyikapi masalah dengan kepala dingin via picturepush

Mampu menyikapi masalah dengan kepala dingin via picturepush

Salah satu ciri lagi orang yang punya emosi yang udah stabil, ya pastinya gak labil-labil lagi dalam menyikapi suatu masalah, gak gampang emosi, pokoknya tunggu amarah reda dulu baru mau memutuskan suatu hal biar ga berdampak buruk bagi diri sendiri maupun sekitar.

Gak melulu harus bareng dan melakukan sesuatu bersama si dia, tapi lebih banyak self-improvement dan sama-sama belajar menuju pribadi yang lebih bermakna

Dewasa bisa dilihat dari cara mereka menjalani suatu hubungan via huffingtonpost

Dewasa bisa dilihat dari cara mereka menjalani suatu hubungan via huffingtonpost

Terakhir nih, orang yang emosinya udah stabil dan dewasa juga bisa dilihat dari cara mereka menjalani suatu hubungan, loh! Mereka yang dewasa cenderung menjalani suatu hubungan dengan rasa saling menghargai dan percaya, tanpa curiga-curiga tanpa alasan, dan ngambek-ngambek labil ala ABG. Mereka percaya bahwa suatu hubungan itu bukan sekadar ke mana-mana bareng dan harus tau kabar satu sama lain setiap detik lewat chat, tetapi lebih ke rasa percaya, saling memiliki, saling menghargai, mengisi kekurangan, dan bisa membawa diri satu sama lain menuju pribadi yang lebih baik.

Meski dewasa itu gak ada tolak ukur secara pasti, setidaknya 7 ciri di atas dapat membantu kamu memberi gambaran gimana sih biar emosi kita stabil dan menjadi pribadi yang lebih dewasa serta disayang sama orang-orang terdekat!

Ditulis oleh Hendri fahrezi mahasiswa tingkat tiga Teknik Metalurgi dan Material UI diambil dari anakui.com

Related Articles

About author View all posts

admin

admin

Mari berkarya, kirim tulisan ke redaksi@kampusiana.net