Pemuda dan Karya

sumpahpemuda

Jangan lupakan sejarah karena sejarah adalah bagian dari masa lalu menuju masa depan. Tapi jadikanlah sejarah sebagai tonggak dan kilas balik kita dalam merenung perjuangan.

28 oktober 1928 merupakan awal lahirnya bangsa indonesia Sejarah bangsa Indonesia tidak  terlepas dari kerja keras perjuangan generasi muda saat dulu.Generasi muda Ialah akrab mendapat julukan “Pemuda”. Sumpah pemuda dibentuk karena adanya tekad persatuan dan kesatuan. Makna sumpah pemuda dapatkita artikan dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Oleh karena itu, generasi muda diminta untuk terus memegang kemurnian Sumpah Pemuda sebagai alat pemersatu Bangsa.

Berikut ini adalah isi dari Sumpah Pemuda:

Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

28 Oktober 2016, bukan kali pertama bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda . Setiap pemuda seharusnya bisa merenungkan apa yang sudah ia berikan untuk negara Indonesia. Jika sejarah dulu generasi muda turut andil dalam aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Bagaimana sekarang, melihat Negara Indonesia yang carut marut di usia 71 tahunnya. Banyak evaluasi dari kinerja pemerintah dalam memajukan bangsa dan  evaluasi untuk seluruh eleman masyarakat terutama pemuda yang di takdirkan lebih mudah dan bebas untuk bergerak, menyampaikan aspirasi serta berkarya nyata dalam konteks berkarya di jalurnya sesuai dengan passion dan profesinya masing-masing.

Bagiamana mensiasati carut marut itu? Salah satunya dengan terus menorehkan prestasi-prestasi gemilang dari pemudanya dengan membuat karya agar semua mata melek dengan prestasi Indonesia.

Sebenarnya karya seperti apa yang harus di perjuangkan oleh pemuda. Karya yang dapat membuahkan hasil dan prestasi untuk pemuda itu sendiri serta yang bisa mengangkat nama bangsa Indonesia. Pemuda terus melangkah agar dari tangannya lah Indonesia bisa dikenal semakin terdepan oleh negara lain di luar sana. Karya bisa di buat dalam banyak hal. Bahkan menulis pun sebuah karya nyata. Jadi jelas, karya itu memberi manfaat bagi pembuat dan sekitarnya.

Ayo berkarya Nyata
Selamat Hari sumpah pemuda!

Related Articles

About author View all posts

admin

admin

Mari berkarya, kirim tulisan ke redaksi@kampusiana.net