Daftar Beasiswa Luar Negeri, Perhatikan Ranking Kampus!

daftar-beasiswa-luar-negeri-perhatikan-ranking-kampus-9ganl2qk1o

JAKARTA – Mencari beasiswa penuh ke luar negeri kini bukan hal yang sulit. Bagi pelajar Indonesia, beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan beasiswa dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menjadi beasiswa yang paling diincar untuk menanggung biaya kuliah sekaligus hidup di luar negeri.

Kedua beasiswa tersebut mengizinkan pendaftarnya untuk mencari kampus sendiri hingga mendapatkan letter of acceptance (LoA). Kendati demikian, ternyata tak sembarang kampus bisa dipilih oleh pelamar beasiswa.

Pilihan kampus juga dilihat. Dilihat ranking universitasnya,” ujar Staf Ahli Direktur Kualifikasi Sumber Daya Iptek Dikti Kemristekdikti, John Pariwono, saat berbincang di hotel kawasan Thamrin, Jakarta, baru-baru ini.

John menjelaskan, misalnya saat ini kampus Tanah Air yang punya ranking tertinggi di dunia adalah Universitas Indonesia. Maka, pelamar beasiswa sebaiknya mendaftar ke kampus yang peringkat dunianya di atas UI.

“Kriteria kedua, kalau pun perguruan tinggi yang dipilih rankingnya di bawah, masih bisa dipilih asal kampus tersebut aktif bekerjasama dengan Kemristekdikti atau universitas-universitas di Indonesia,” sebutnya.

Sedangkan bagi yang ingin melamar beasiswa LPDP, pelamar harus melihat daftar kampus yang bermitra. Adapun daftar tersebut dapat diakses melalui laman LPDP. Setelah mendapat kampus yang cocok, langkah selanjutnya adalah mendaftar untuk memperoleh LoA. (ira) [OkeZone]

Related Articles

About author View all posts

admin

admin

Mari berkarya, kirim tulisan ke redaksi@kampusiana.net