Ayo Menulis

menulis
Selamat pagi Kampusianer? Selamat Hari Jumat, semoga berkah yah. Kali ini tim rekasi akan membahas tentang dunia tulis menulis. Oke, langsung aja yah, ada 2 kelompok besar orang gagal dalam menulis. – Periksa apakah Anda termasuk di dalamnya? Pertama, orang yang bermimpi menulis. Tapi urung karena merasa tidak punya bakat. Kedua, orang yang merasa berbakat dan giat menulis seturut apa yang dianggapnya bakat tersebut. Tapi kemudian kecewa karena cuma direspon segelintir pembaca. Kasus berbeda, tapi keduanya sama-sama gagal.

Pertanyaannya, mengapa ?

Karena mereka menganggap BAKAT satu-satunya tiket untuk bisa menulis. Coba ingat, kapan Anda pernah mendengar penulis sukses yang mengaku dirinya berbakat? Padahlkan tidak begitu bukan? Mari kita tengok rumus Einstein, tanpa kecuali, juga berlaku bagi penulis:
Sukses = 1 % Bakat + 99 % kerja keras.

…Karena menulis adalah keterampilan

Jadi, tidak peduli Anda merasa berbakat atau tidak. Anda wajib mempelajari teknik menulis. Buat Judul atau Headline artikel yang kreatif dan menarik. Judul atau headline artikel yang menarik akan memungkinkan pembacanya merasa penasaran dengan keseluruhan isi dari artikel tersebut. Jangan hanya terpaku pada keyword saja, keyword memang penting tapi justru hal itu akan mengurangi nilai dari artikel tersebut. Usahakan juga buat se-provokatif mungkin sehingga lebih meninggalkan kesan penasaran ke pembacanya. Gunakan paragraph, Justify (rata kanan-kiri), bullet atau pendukung lainnya sehingga artikel yang ditampilkan terlihat rapi. Jika perlu pergunakan juga penulisan dengan format Bold (huruf tebal), italic (huruf miring) ataupun Underline (garis bawah) pada kalimat atau kata-kata yang dianggap penting. Jangan lupa juga beri jarak antar paragraph sehingga tulisan artikel tidak tampak berdesakan.

Buatlah artikel yang isinya dapat mebuat pembacanya merasa terkesan dan seakan-akan dia yang mengalaminya. Gunakan metafora dan deskripsi yang jelas, jangan berlebihan. Apabila dibutuhkan gunakan gambar untuk mendeskripsikan sehingga pembaca lebih mudah untuk mencernanya.

Gunakan istilah dan tata bahasa yang mudah dicerna. Tata bahasa yang berbelit-belit biasanya akan membuat pembacanya merasa bosan karena tidak langsung ke pokok persoalan yang mereka butuhkan. Untuk Penggunaan istilah baru atau yang kurang umum hendaknya diberi penjelasan tambahan berupa kurung buka dan kurung tutup sehingga pembaca menjadi lebih mengerti dengan apa yang dimaksud.

Nah yang terakhir merupakan poin penting nih, tulislah artikel yang merupakan hasil dari kreatifitas dan idea sendiri jangan hasil copy-paste. Hasil copy-paste biasanya mengurangi nilai kredibilitas tulisan kita di mata pembaca. Kesannya mungkin seperti ini “kalau cuma copy-paste saya pun juga bisa nulis seperti itu”. Kalau mau mengcopy usahakan jangan keseluruhan, tapi carilah poin-poin yang kalian anggap penting saja kemudian tulislah dengan gaya bahasa kalian sendiri.

Ayo menulis, jangan takut tulisannya jelek atau kurang menarik. Ingat tulisan itu bisa menginspirasi banyak orang. Jangan ragu-ragu untuk menulis.

Menulislah. Maka kamu ada! – Sokrates, Filusuf Yunani.

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi semala dia tidak menulis, dia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian – Pramoedya Ananta Toer.

Jika ada tulisan boleh kirim ke redaksi@kampusiana.net Kita share tulisan kamu di sini agar dibaca banyak orang!

Sebenarnya tidak ada tips dan trik agar tulisan Anda bagus untuk menjadi penulis hebat, kecuali menulis sekarang juga.

Selamat menulis. Berkarya untuk Indonesia lebih baik.

Sekian, semoga hari ini kita selalu dalam lindungan-Nya serta senantiasa menulis.

 

Related Articles

About author View all posts

admin

admin

Mari berkarya, kirim tulisan ke redaksi@kampusiana.net